Tutorial hack, Tutorial Blog, free download software, software, deface, dork, exploit, inurl, allinurl, keygen, download crack, hack facebook, download, antivirus, kaspersky, gratis, tutorial, game, free, full, crack, patch, serial, keygen, key, tips, yang, video, converter, tool, aplikasi, internet, pro, activator, tutorial blog, tips blogger, trick blogger, tutorial cara membuat, tutorial cara hack, tutorial cara deface, tutorial cara simple, kumpulan artikel hacker, tutorial cracker, tutorial cara crack,free download software, tutorial hack windows, enable disable regedit, cara mempercepat internet, yogyakarta, Manusai Biasa Team / MBT, exploit database, tools vuln scanner, sql injection, tutorial php, tutorial html, htm, kumpulan dork, mengetahui bug, code error, 404 not found, devil, indonesia, tutorial blogspot, tutorial website, tutorial flash, tutorial dreamweaver, google ads, hack paypall, cc, hack credit card, mendapatkan kartu kredit, tutorial photoshop, tutorial graffiti, download game, download video hack, free domain.com, hack joomla password, tools fake mailer, media tv online, create search engine, turorial private proxy, tools code color, default password, tools md5 crack, tools login scanner, tools hash crack, tools sqli scanner, tools online, hack password admin, patch bug error, download software full version, mencegah adanya bug error pada wordpres, yogyacarderlink, ycl, indonesiandefacer, devilzc0de, zonedevil, cara membasmi virus, free download mp3, free download pdf, tutorial contoh, rwxrwxrwx, rwxr-xr-x, r--r--r--, mencegah virus dikomputer, forum hacker indonesia, index of, cara hack website, cara hack zynga poker, cara hack facebook, tutorial cara mengatasi, tutorial code css, kumpulan code php, kumpulan code script, kumpulan javascript, js, tutorial cara install game, tutorial cara install software, tutorial cara download di, tutorial php my admin, control panel, dir, tar.gz, software linux, cara daftar adsense di googleFenomena “Batu Menangis” Faktor Alam & Pareidolia

Salah satu fenomena alam yang sedang hangatnya diperbincangkan saat ini adalah fenomena “batu menangis”. Ditemukan sebuah batu mirip wajah manusia dan bahkan mengeluarkan air mata. Bagaimana ceritanya? Beberapa waktu lalu, ditemukan sebuah “batu menangis” di daerah kampung Pananjung, Taragong, Garut, Provinsi Jawa Barat. Pada awalnya penemuan fenomena alam batu menangis tersebut dianggap sebagai peninggalan prasejarah. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Jawa Barat tersebut pun melakukan penyelidikan. Melalui penelitian tersebut akhirnya didapat kesimpulan bahwa fenomena “batu menangis’ tersebut merupakan faktor alam dan bukan dibuat oleh manusia pada zaman prasejarah. Hal ini dipaparkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan dan Kepurbakalaan.
Pada beberapa tahun silam yakni tahun 2009 dan 2011 berdasarkan laporan warga mengatakan bahwa mereka menemukan batu tersebut mengeluarkan air sehingga menyebutnya sebagai batu menangis. Para warga menganggap bahwa batu tersebut menyerupai wajah manusia.
Namun hal tersebut dibantah oleh Warjita selaku Kepala Bidang Kebudayaan dan Kepurbakalaan di Garut. Batu tersebut merupakan muntahan Gunung Gutur pada abad ke-18 dan ke-19. Batu menangis tersebut memiliki diameter 2 meter. Namun Warjita mengatakan bahwa sebenarnya batu tersebut tidaklah begitu mirip dengan wajah manusia. Melainkan anggapan tersebut bisa dikatakan sebagai pareidolia. Kesimpulan tersebut semakin kuat karena tidak ada benda-benda lain yang punya nilai sejarah di sekitar lokasi tersebut.

Pareidolia Terhadap Fenomena Batu Menangis

batu menangis
Sementara itu, pareidolia sendiri merupakan fenomena psikologis yang memungkinkan manusia menilai objek tertentu punya kemiripan dengan apa yang dibayangkan olehnya. Hal ini disebabkan oleh otak manusia yang memiliki kemampuan untuk menyimpan memori tertentu tentang rupa dan bentuk. Sebagai contoh, kita pasti sering melihat awan dengan berbagai bentuk dan kita menganggap bahwa awan tersebut begitu mirip dengan yang kita bayangkan. Tidak hanya itu, manusia memang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi wajah manusia bahkan dari jarak yang cukup jauh. Namun pada beberapa keadaan akhirnya hal ini membuat manusia menafsirkan gambar acak, bayangan dan pola cahaya.
Namun tahukah Anda bahwa manusia juga bisa kehilangan kemampuan ini yakni untuk mengidentifikasi wajah dan sebagainya? Penyakit stroke, tumor serta trauma pada bagian gyrus fusiform ventral mengakibatkan seseorang kehilangan kemampuan untuk mengidentifikasi wajah. Hal ini disebut juga sebagai Prosopagnosia dimana seseorang mengalami kelainan yang membuatnya sulit untuk mengidentifikasi wajah bahkan wajahnya sendiri! Hal ini diakibatkan oleh kerusakan otak akut. Memang untuk penyembuhan masih bisa dilakukan seperti sebagai contoh adalah terapi identifikasi dengan mengingat wajah tertentu.
Jadi, ada banyak hal seputar diri manusia sendiri sehingga kita bisa menimbulkan persepsi yang berbeda-beda. Salah satunya adalag fenomena batu menangis. Manusia memang makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki kemampuan luar biasa!
Demikianlah informasi mengenai Fenomena “Batu Menangis” Faktor Alam & Pareidolia. Semoga bermanfaat.

./Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar