Tutorial hack, Tutorial Blog, free download software, software, deface, dork, exploit, inurl, allinurl, keygen, download crack, hack facebook, download, antivirus, kaspersky, gratis, tutorial, game, free, full, crack, patch, serial, keygen, key, tips, yang, video, converter, tool, aplikasi, internet, pro, activator, tutorial blog, tips blogger, trick blogger, tutorial cara membuat, tutorial cara hack, tutorial cara deface, tutorial cara simple, kumpulan artikel hacker, tutorial cracker, tutorial cara crack,free download software, tutorial hack windows, enable disable regedit, cara mempercepat internet, yogyakarta, Manusai Biasa Team / MBT, exploit database, tools vuln scanner, sql injection, tutorial php, tutorial html, htm, kumpulan dork, mengetahui bug, code error, 404 not found, devil, indonesia, tutorial blogspot, tutorial website, tutorial flash, tutorial dreamweaver, google ads, hack paypall, cc, hack credit card, mendapatkan kartu kredit, tutorial photoshop, tutorial graffiti, download game, download video hack, free domain.com, hack joomla password, tools fake mailer, media tv online, create search engine, turorial private proxy, tools code color, default password, tools md5 crack, tools login scanner, tools hash crack, tools sqli scanner, tools online, hack password admin, patch bug error, download software full version, mencegah adanya bug error pada wordpres, yogyacarderlink, ycl, indonesiandefacer, devilzc0de, zonedevil, cara membasmi virus, free download mp3, free download pdf, tutorial contoh, rwxrwxrwx, rwxr-xr-x, r--r--r--, mencegah virus dikomputer, forum hacker indonesia, index of, cara hack website, cara hack zynga poker, cara hack facebook, tutorial cara mengatasi, tutorial code css, kumpulan code php, kumpulan code script, kumpulan javascript, js, tutorial cara install game, tutorial cara install software, tutorial cara download di, tutorial php my admin, control panel, dir, tar.gz, software linux, cara daftar adsense di googleTahukah Anda? Indonesia Juga Pernah Menyerang Negara Lain

Sebagai warga negara Indonesia tentunya mengetahui bahwa negara kita pernah dijajah oleh Portugis, Belanda atau Jepang dengan rentang waktunya masing – masing. Kendati demikian, tahukah anda bahwa dari catatan kecil dalam sejarah, bangsa Indonesia juga pernah menyerang negara lain terlepas dari konteks penjajah atau bukan.
Berikut adalah sejumlah wilayah dan negara yang pernah diserang oleh negara Indonesia beserta dengan alasan penyerangan.

Timor Leste ( Timor Timur )

Dalam catatan sejarah pernah terjadi sebuah penyerangan yang dilakukan oleh Indonesia dalam berinvansi ke wilayah Timor Leste yaitu pada tanggal 7 Desember 1975 dengan sandi Operasi Seroja. Tentara Indonesia menyerang Timor Timur setelah melalui perundingan dan persetujuan bersama dengan Amerika Serikat dan Australia yang menghendaki agar pimpinan komunis saat itu, Freitilin tidak berkuasa di Timor Timur. Disamping itu, penyerangan tersebut terjadi pula dengan adanya dukungan dari sebagian rakyat Timor Timur yang menghendaki agar mereka dapat bersatu dengan wilayah Indonesia yang beralasan akan adanya kesamaan budaya, etnik dan sejarah.
Satu dari sedikit foto bukti sejarah yang berkaitan dengan peristiwa tersebut:
Indonesia pernah menjajah

Singapura

Peristiwa ini terjadi berkaitan dengan operasi Dwikora ( Dwi Komando Rakyat ) yang menyusupkan Usman dan Harun (nama samaran) ke negara Singapura sebagai intel / penyamar dengan tujuan untuk mensabotase negara tersebut dan Malaysia. Pada tahun yang bersangkutan negara Indonesia sedang terlibat konflik dengan Singapura dan Malaysia.
Dalam catatan sejarah, Usman dan Harun menyelinap ke Singapura dengan membawa 12.5 kilogram peledak melalui perahu karet dari Pulau Sambu. Pada sebuah tengah malam sasaran ledakan terjadi pada jalan Orchard Road tepatnya pada sebuah bangunan McDonald yang sempat menewaskan 3 orang serta melukakan sejumlah warga disana.
negara penjajah

Papua Barat ( West Papua )

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 19 Desember 1961 terjadi dengan dijalankannya Operasi Trikora yang bertujuan untuk membebaskan rakyat Irian Barat. Penyerangan yang dilakukan oleh tentara Indonesia bertujuan untuk menggabungkan wilayah Papua Barat. Pada saat itu Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno mengumumkan dilaksanakannya operasi Trikora di Alun – Alun Utara Yogyakarta yang juga mendirikan Komando Mandala dengan Mayjen Soeharto sebagai Panglima utama.
negara yang pernah dijajah indonesia

Malaysia

Indonesia pernah mengalami konflik dengan Malaysia pada tahun 1960-an tepatnya pada 20 Januari 1963, Soebandrio selaku Menlu Indonesia saat itu mengumumkan untuk mengambil sikap bermusuhan dengan negara Malaysia. Beberapa bulan berikutnya sejumlah relawan militer Indonesia bergerak memasuki wilayah Sabah dan Sarawak dengan tujuan untuk menyebarkan sabotase, penyerangan serta propaganda terhadap wilayah yang bersangkutan. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 12 April 1963. Pada bulan berikutnya tanggal 3 Mei 1963 diadakan rapat besar di Jakarta dengan inti utama pembahasan yang menghasilkan poin – poin mengenai petinggi revolusi Indonesia juga mengobarkan perjuangan revolusioner rakyat Singapura, Malaya, Sarawak dan Sabah untuk menyerbu negara Malaysia.
indonesia jajah malaysia

Malaka ( Melacca )

Dalam catatan perjalanan sejarah bangsa Indonesia selama beratus – ratus tahun pernah tercatat seorang Raja Demak yang cukup terkenal, Pati Unus menyusun rencana untuk menyerbu dan menguasai Malaka yang saat itu diduduki oleh Kesultanan Malaka. Serangan Demak ke Malaka memiliki latar belakang sebagai invasi imperialis.
Namun pada tahun 1511, Alfonso D’Alburquerque seorang laksamana portugis telah berhasil menaklukkan Malaka terlebih dahulu sebelum Pati Unus melakukannya. Sultan Mahmud Syah mundur ke wilayah Bintan.
Indonesia Jajah Malaka

Negara Indochina dan Siam ( Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja )

Dalam penemuan arkeologi dan bukti sejarah, salah satu kerajaan terbesar yang pernah berkuasa di Indonesia, Sriwijaya pernah menginvasi secara kolonial ke seluruh wilayah nusantara dan asia tenggara, mencakup: Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya, Filipina, Vietnam, Kamboja,  dan Siam ( Thailand ) Kerajaan Sriwijaya mampu menjadi penguasa di sepanjang rute Selat Sunda dan Malaka serta menguasai segala administrasi, akses dari setiap kapal yang berlabuh didaerah tersebut.
Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan terkaya dengan akumulasi nominal perdagangannya dengan pedagang dari India dan Tiongkok ( China )
Dominasi atas Selat Malaka dan Selat Sunda, menjadikan Sriwijaya sebagai pengendali rute perdagangan rempah dan perdagangan lokal yang mengenakan biaya atas setiap kapal yang lewat. Sriwijaya mengakumulasi kekayaannya sebagai pelabuhan dan gudang perdagangan yang melayani pasar Tiongkok, dan India.
Demikianlah informasi mengenai Tahukah Anda? Indonesia Juga Pernah Menyerang Negara Lain. Semoga menambah wawasan :-)

./Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar