Tutorial hack, Tutorial Blog, free download software, software, deface, dork, exploit, inurl, allinurl, keygen, download crack, hack facebook, download, antivirus, kaspersky, gratis, tutorial, game, free, full, crack, patch, serial, keygen, key, tips, yang, video, converter, tool, aplikasi, internet, pro, activator, tutorial blog, tips blogger, trick blogger, tutorial cara membuat, tutorial cara hack, tutorial cara deface, tutorial cara simple, kumpulan artikel hacker, tutorial cracker, tutorial cara crack,free download software, tutorial hack windows, enable disable regedit, cara mempercepat internet, yogyakarta, Manusai Biasa Team / MBT, exploit database, tools vuln scanner, sql injection, tutorial php, tutorial html, htm, kumpulan dork, mengetahui bug, code error, 404 not found, devil, indonesia, tutorial blogspot, tutorial website, tutorial flash, tutorial dreamweaver, google ads, hack paypall, cc, hack credit card, mendapatkan kartu kredit, tutorial photoshop, tutorial graffiti, download game, download video hack, free domain.com, hack joomla password, tools fake mailer, media tv online, create search engine, turorial private proxy, tools code color, default password, tools md5 crack, tools login scanner, tools hash crack, tools sqli scanner, tools online, hack password admin, patch bug error, download software full version, mencegah adanya bug error pada wordpres, yogyacarderlink, ycl, indonesiandefacer, devilzc0de, zonedevil, cara membasmi virus, free download mp3, free download pdf, tutorial contoh, rwxrwxrwx, rwxr-xr-x, r--r--r--, mencegah virus dikomputer, forum hacker indonesia, index of, cara hack website, cara hack zynga poker, cara hack facebook, tutorial cara mengatasi, tutorial code css, kumpulan code php, kumpulan code script, kumpulan javascript, js, tutorial cara install game, tutorial cara install software, tutorial cara download di, tutorial php my admin, control panel, dir, tar.gz, software linux, cara daftar adsense di googleModus Penipuan Lowongan Kerja yang Harus Diwaspadai

Penipuan Lowongan Kerja yang Harus Diwaspadai

Penipuan lowongan kerja memang harus diwaspadai. Jangan hanya karena kita ingin mendapatkan pekerjaan dengan segera setelah kuliah atau menyelesaikan sekolah atau juga sewaktu sedang kuliah untuk mendapatkan uang tambahan – hal tersebut membuat kita malah kalap. Perlu diakui bahwa mencari kerja itu sangat sulit, apalagi bagi kita yang memang tidak punya banyak relasi dan tidak punya pendidikan yang mumpuni. Istilah KKN dalam pekerjaan juga menjadi ancaman serius. Mereka yang biasa-biasa saja namun memiliki kenalan dekat atau kerabat dalam sebuah perusahaan pasti punya kepastian untuk diterima di situ, namun kita yang bisa jadi lebih pintar namun tidak memiliki koneksi sulit untuk mendapatkannya. Begitulah realita di Indonesia!
Hal inilah yang dimanfaatkan oleh perusahan-perusahaan tipu-tipu yang melakukan penipuan lowongan kerja dengan berbagai modus. Kita yang benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan kadang bisa menjadi tidak rasional ketika menerima panggilan untuk interview dan diminta bayaran sekian-sekian. Ada yang tidak menjadi curiga ketika diminta bayaran tersebut karena saking ‘ngebet’-nya mendapatkan pekerjaan.

Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja

lowongan kerja
Nah, oleh karena itu, kita perlu lebih waspada terhadap modus penipuan lowongan kerja yang dilakukan oleh perusahaan tidak jelas tersebut. Bagaimana ciri-cirinya? Berikut kita perhatikan!
1. Pengiriman lamaran kerja melalui SMS (iklannya sering terdapat di koran)
Kita pasti seringlah membaca informasi lowongan kerja di koran tepatnya di iklan baris lowongan kerja yang memberitahukan lowongan kerja dan si calon pelamar hanya perlu memberi nomor handphone dan email. Sementara untuk job description, alamat perusahaan dan kualifikasi calon pekerja tidak dijelaskan.
2. Panggilan lamaran pekerjaan tidak diinformasikan melalui telepon tetapi SMS dengan nomor pribadi
Memang beberapa perusahaan memberitahukan panggilan lamaran pekerjaan melalui SMS namun setelah melalui tes pertama dan dinyatakan lulus, pelamar akan diinformasikan melalui telepon. Pemberitahuan lewat SMS ini biasanya untuk menginformasikan tes psikotest dan interview. Nah, perusahaan tipu-tipu ini biasanya hanya mengirimkan informasi panggilan lamaran pekerjaan lewat SMS dan teksnya juga tidak rapi dan jauh dari kesan profesional.
3. Gedungnya berada di sudut ruko atau numpang di kantor orang lain dan kadang ada yang berjaga-jaga
Ruko yang disewa tersebut biasanya menumpang dan terlihat tidak terurus padahal pada pesan SMS disebutkan sebagai kantor pusat. Terkadang ada orang yang jaga-jaga dengan mengenakan celana bahan dan kemeja rapi seperti orang kantoran. Jika memang tidak meyakinkan lebih baik pergi saja dari tempat tersebut.
4. Diminta uang pendaftaran dan uang training
Pada saat proses interview, kita tidak akan ditanyai pengalaman kerja, gaji yang diharapkan ataupun tes apapun. Kita hanya akan diberi penjelasan mengenai company profile dan berbagai fakta pendukungnya seperti SIUP dan sebagainya, penghasilan kita, uang makan dan jaminan karyawan tetap tanpa ada sistem kontrak. Untuk mendapatkan itu semua, kita dituntut untuk membayar sekian ratus ribu. Bahkan yang lucunya adalah ketika kita bilang kita tidak bawa uang sebanyak itu, si Ibu atau Bapak menanyakan berapa uang yang kita bawa dan membayar DP untuk menjaga posisi agar tidak tergeser. Bahkan uang hanya Rp 20.000 pun bisa dijadikan DP.
Demikianlah beberapa informasi yang mungkin bermanfaat bagi anda ketika hendak melamar pekerjaan di perusahaan yang belum anda kenal latar belakangnya. Semoga bermanfaat :-)

./Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar