Tutorial hack, Tutorial Blog, free download software, software, deface, dork, exploit, inurl, allinurl, keygen, download crack, hack facebook, download, antivirus, kaspersky, gratis, tutorial, game, free, full, crack, patch, serial, keygen, key, tips, yang, video, converter, tool, aplikasi, internet, pro, activator, tutorial blog, tips blogger, trick blogger, tutorial cara membuat, tutorial cara hack, tutorial cara deface, tutorial cara simple, kumpulan artikel hacker, tutorial cracker, tutorial cara crack,free download software, tutorial hack windows, enable disable regedit, cara mempercepat internet, yogyakarta, Manusai Biasa Team / MBT, exploit database, tools vuln scanner, sql injection, tutorial php, tutorial html, htm, kumpulan dork, mengetahui bug, code error, 404 not found, devil, indonesia, tutorial blogspot, tutorial website, tutorial flash, tutorial dreamweaver, google ads, hack paypall, cc, hack credit card, mendapatkan kartu kredit, tutorial photoshop, tutorial graffiti, download game, download video hack, free domain.com, hack joomla password, tools fake mailer, media tv online, create search engine, turorial private proxy, tools code color, default password, tools md5 crack, tools login scanner, tools hash crack, tools sqli scanner, tools online, hack password admin, patch bug error, download software full version, mencegah adanya bug error pada wordpres, yogyacarderlink, ycl, indonesiandefacer, devilzc0de, zonedevil, cara membasmi virus, free download mp3, free download pdf, tutorial contoh, rwxrwxrwx, rwxr-xr-x, r--r--r--, mencegah virus dikomputer, forum hacker indonesia, index of, cara hack website, cara hack zynga poker, cara hack facebook, tutorial cara mengatasi, tutorial code css, kumpulan code php, kumpulan code script, kumpulan javascript, js, tutorial cara install game, tutorial cara install software, tutorial cara download di, tutorial php my admin, control panel, dir, tar.gz, software linux, cara daftar adsense di googleSejarah Jakarta – Awal Hingga Sekarang

Sebagai orang Indonesia tentunya mengenal kota Jakarta sebagai ibukota negara ini. Kota berpenduduk 12 juta jiwa ini merupakan sasaran penduduk dari segala penjuru Indonesia untuk mencari nafkah. Mereka cenderung menjadikan Jakarta sebagai ladang mencari pekerjaan dengan mempertimbangkan gaji penghasilan yang lebih besar ketimbang di wilayah propinsi lain di Indonesia. Hal tersebut dapat dipahami mengingat Jakarta merupakan kota metropolitan yang berkembang sangat cepat.
Dalam situs luar www.skyscrapercity.com bahkan menempatkan ibukota Jakarta kedalam 50 besar kota dengan biaya termahal! Situs www.city-infos.com yang mengkhususkan menyediakan informasi mengenai kota-kota dunia menempatkan Jakarta kedalam 50 kota terbaik dunia. Pada tahun 2011, penulis Skyscraper Cities by Egbert Gramsbergen and Paul Kazmierczak menempatkan Jakarta kedalam 25 kota terbaik didunia berdasarkan kategori perkembangan jumlah gedung pencakar langit yang berkembang perlahan namun cepat.

Sejarah Jakarta – Dari Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia ke Jakarta

Sejarah Jakarta
Dibalik keruwetan dan kepadatan kota jakarta, sejarah jakarta dimulai sekitar 5 abad yang lalu yang diawali pada sebuah bandar kecil didaerah sungai Ciliwung. Kota ini belum bernama Jakarta kala itu, namun sudah dikenal sebagai kota tempat melakukan aktivitas perdagangan yang ramai. Informasi pasti yang mengungkapkan sejarah jakarta lebih jauh sangat sedikit namun dapat ditemui pada prasasti pada masa lalu.
Pada abad-16 ketika orang eropa (portugis) mulai datang ke nusantara ini, terdapat penulis eropa yang memberi nama daerah yang masih asing ini dengan sebutan ‘kalapa’ .Kalapa yang dimaksud persisnya merujuk kepada bandar terbesar pada jaman kerajaan Hindu yang dikenal dengan nama ‘Sunda’ yang berada kurang lebih 40 km di daerah yang masih berupa pedalaman (diperkirakan berada di kota Bogor saat ini).
Ketika pertama kali menjajaki kota ‘kalapa’ ini, rombongan orang eropa yang merupakan orang portugis diserang oleh seorang pemuda yang bernama Fatahillah. Nama ini yang kemudian dijadikan sebuah nama jalan dan museum yang sangat terkenal bagi penduduk jakarta. Pemuda ini berasal dari kerajaan yang berkuasa didaerah Kalapa kemudian merubah sebutan ‘Sunda’ dan ‘Kalapa’ (Sunda Kelapa) menjadi Jayakarta yang memiliki arti ‘Kemenangan yang tercapai‘ pada tanggal 22 Juni 1527. Peristiwa tersebut lah yang akhirnya menjadi tonggak kelahiran atau ulang tahun kota jakarta setiap tahunnya.
Seriring dengan perkembangan waktu, orang-orang belanda masuk dan menguasai nusantara pada abad-16  juga turut menguasai Jayakarta pada masa itu sehingga nama Jayakarta diubah menjadi Batavia. Penamaan kata Batavia oleh orang belanda didasari oleh adanya kemiripan dengan keadaan di negeri Belanda pada masa itu yang masih banyak terdapat rawa-rawa. Orang belanda mulai membangun kanan, bendungan dan pengairan untuk mencegah banjir. Mereka juga membangun kota Batavia ini termasuk dengan balai kota sebagai pusat / markas utama mereka saat itu. Adapun Balai Kota ini masih berdiam dan menjadi bukti sejarah jakarta hingga saat ini yang kemudian dikenal dengan nama Museum Benteng Fatahillah.
Pembangunan kota oleh orang belanda lebih cenderung berkembang kearah selatan Batavia ( Jalur Jakarta Pusat ke Selatan saat ini ). Perkembangan yang maju secara cepat membuat lingkungan kota menjadi cepat rusak sehingga membuat pimpinan Belanda saat itu harus memindahkan kegiatan pemerintahaan ke lokasi yang lebih tinggi yang bernama Weltervreden. Kekuasaan belanda ini terus bertahan hingga awal abad-20 ketika semangat nasionalisme Indonesia mulai dikobarkan oleh sekelompok mahasiswa di Batavia.
Ketika Jepang masuk ke nusantara dan berhasil menduduki nusantara pada tahun 1942 – 1945, nama Batavia diubah oleh orang Jepang menjadi Jakarta. Kota ini yang akhirnya menjadi tempat pertama dibacakan proklamasi kemerdekaan RI dengan pengibaran bendera merah putih oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah Jepang menyerah tanpa syarat selepas dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki oleh sekutu dan Indonesia mendapatkan kedaulatan secara resmi pada tahun 1949 serta menjadi anggota Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) pada tahun 1966 dengan memasukkan Jakarta sebagai ibukota resmi.
Hal tersebut mendorong pemerintahan untuk berfokus dalam membangun pusat perekonomian di kota jakarta ini seperti gedung-gedung pemerintahaan, kedutaan negara sahabat. Ibukota jakarta terus berkembang sebagai kota metropolitan yang modern hingga saat ini.
Sejarah Jakarta

Sejarah Jakarta – Urutan Peristiwa Penting

  • Abad-14 – Bernama Sunda Kelapa yang merupakan nama pelabuhan kerajaan Padjajaran
  • Abad-15 – Orang Eropa pertama masuk ke melalui pelabuhan yang disebut ‘Kalapa’ (Sunda Kelapa)
  • Tanggal 22 Juni 1527 – Fatahillah mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta
  • Tanggal 4 Maret 1621 – Belanda membentuk pemerintahan pertama di Jakarta dengan nama Stad Batavia
  • Tanggal 1 April 1905 – Dari Stad Batavia berubah menjadi Gemeente Batavia
  • Tanggal 8 Januari 1935 – Dari Gemeente Batavia berubah nama lagi menjadi Stad Gemeente Batavia
  • Tanggal 8 Agustus 1942 – Nama Batavia diubah oleh orang jepang menjadi Jakarta Toko Betsu Shi
  • Bulan September 1945 – Oleh pemerintahan Indonesia diberi nama Pemerintah Nasional Kota Jakarta
  • Tanggal 20 Februari 1950 – Pada masa Pre Federal berubah nama kembali menjadi Stad Gemeente Batavia
  • Tanggal 24 Maret 1950 – Nama Stad Gemeente Batavia berubah nama menjadi Praja Jakarta
  • Tanggal 18 Januari 1958 – Nama Praja Jakarta diperbaharui menjadi Kota Praja Djakarta Raya
  • Tahun 1961 – Tahun pertama dibentuknya Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta (berdasarkan PP No. 2 tahun 1961 jo. UU No. 2 PNPS 1961)
  • Tanggal 31 Agustus 1964 – Secara resmi dalam UU No.10 tahun 1964  dinyatakan sebagai Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya dengan nama Jakarta
  • Tahun 1999 – Sebutan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia, Jakarta berubah menjadi lebih singkat menjadi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (berdasarkan UU no. 34 tahun 1999) dengan pembagian 5 kotamadya dan satu kabupaten administrative kepulauan seribu.
  • Tahun 2007 – Berdasarkan UU No.29 tahun 1997, nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berubah menjadi Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga saat ini.
Demikianlah artikel mengenai Sejarah Jakarta. Semoga menambah wawasan.

./Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar